Tips-Trik Mempercepat Pertumbuhan Ikan Nila


Permintaan ikan nila di pasaran terus melonjak setiap harinya. Hal ini tentu menjadi lahan bisnis yang sangat menggiurkan. Apalagi, budidaya ikan nila dapat dikatakan memiliki risiko kerugian yang cukup rendah. Budidaya ikan air tawar cukup banyak dilakukan di samping mudah juga sangat menguntungkan.

Budidaya pembesaran ikan nila bertujuan untuk mendapatkan bobot ikan yang maksimal dan cepat panen. Untuk mempercepat pertumbuhannya, budidaya pembesaran ikan nila bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini.

Pemisahan Jenis Kelamin

Memisahkan anakan nila jantan untuk dipersiapkan dalam pembesaran. Hal ini tidak mudah, karena tidak efesien dalam jumlah yang banyak dan umumnya pembudidaya ikan kurang mengenal mana jenis betina dan jantan.

Kawin Silang

Mengawinsilangkan ikan nila untuk mendapatkan jenis induk yang bisa menghasilkan anak ikan jantan. Teknik ini dilakukan dengan penelitian yang saksama dan uji coba yang tidak mudah.

Jantanisasi

Cara yang paling mudah dan sedikit mahal yaitu dengan metode mengubah jenis betina menjadi jantan dengan mengunakan hormone sex reversal pada larva ikan nila. Cara ini banyak digunakan dalam budidaya monokultur karena dapat praktikkan oleh siapa saja.

Probiotik

Jika beberapa rekayasa dan upaya telah dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila tetapi hasil produksi budidaya ikan nila belum cukup baik, maka kita bisa menempuh cara dengan memberikan probiotik untuk mempercepat pertumbuhan dalam budidaya ikan.

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang sangat bermanfaat bagi makhluk hidup. Mikroorganisme yang terkandung pada probiotik mampu membantu pencernakan makanan pada tuhuh hewan dan manusia sehingga makanan yang mengandung probiotik akan mampu dicerna dan diserap tubuh dengan baik. Dengan demikian, pertumbuhan ikan nila menjadi lebih cepat.


Penebaran benih ikan pada saat yang bersamaan bisa terjadi pertumbuhan ikan yang tidak selalu sama. Melakukan penyortiran adalah salah satu cara yang banyak dilakukan oleh para pembudidaya.

Tetapi, tentu saja mengakibatkan panen tidak terjadi dalam satu waktu sehingga akan mempengaruhi keuntungan. Oleh sebab itu, cara di atas dapat Anda terapkan dalam budidaya ikan nila untuk dipacu agar bisa tumbuh secara seragam.

DOODSTREAM FEMBED.COM
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.