Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan batuk kering pada anak. Batuk karena pilek umumnya bukan kondisi yang menghawatirkan bagi orang tua. Akan tetapi, orang tua harus segera mencari cara mengobati batuk kering pada anak ketika batuk itu menjadi kronis.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan alami tubuh yang digunakan untuk membersihkan jalan pernapasan dan menghilangkan mikorba serta benda-benda asing yang ada di jalur pernapasan.

Batuk terjadi jika ujung serabut saraf (reseptor batuk) di saluran napas teriritasi oleh mediator peradangan yang diproduksi sebagai respons terhadap infeksi atau akibat adanya lendir.

Penyebab Batu Kering Pada Anak

Batuk pada anak bisa menjadi gejala penyakit ringat hingga berbahaya. Maka dari itu, orang tua harus mengawasi kondisi dan penyebab batuk kering pada anak. Lalu, apa saja yang menjadi penyebab batuk kering pada anak?

Virus

Infeksi virus bisa menyebabkan iritasi dan radang para saluran pernapasan, sehingga tubuh berekasi dengan batuk. Virus yang umumnya menjadi penyebab batuk/pilek pada anak, yaitu pneumonia, flu, bronchiolitis, atau croup.

Asma

Asma merupakan suatu kondisi saluran udara meradang, sempit dan membengkak, dan menghasilkan lendir berlebih sehingga menyulitkan pernapasan.

Gejala asma yang terjadi pada anak umumnya ialah batuk di malam hari, napasnya cepat dan pendek, terdengar seperti bunyi siulan saat anak bernapas, badan mudah lemas, dan sakit pada dada.

BACA JUGA:
-4 Poin Penting Untuk Tidur Berkualitas Agar Tubuh Sehat Dan Cantik
-Ingin Pintar Dandan? Kenali 5 Hal Penting Berikut Ini
-Wow! Ini 8 Rahasia Kecantikan Wanita Jepang yang Bisa Kamu Coba
-Tips Mengelola Stres Agar Tampil Cantik dan Menarik
Batuk Rejan

Batuk Rejan atau Pertussis merupakan batuk yang disebabkan oleh infeksi bakteri bordetella pertussis yang menempel pada saluran pernapasan bagian atas dan menyebabkan pembengkakan. Gejala umum Batuk Rejan adalah flu biasa, demam ringan, apnea, hidung berair dan batuk ringan.

Alergi

Alergi umumnya terjadi karena sistem imun salah mengidentifikasi sesuatu yang tidak berbahaya tetapi tubuh bereaksi berlebihan. Setidaknya ada beberapa hal yang dapat memicu alergi, seperti obat-obatan, binatang peliharaan, atau makanan tertentu.

Alergi dapat menyebabkan saluran pernapasan berekasi seperti bersin, batuk kering, maupun hidung berair. Gejala lainnya antara lain, mata berair dan juga gatal-gatal.

Iritasi

Penyebab batuk kering pada anak bisa juga terjadi akibat terpapar zat tertentu yang menyebabkan iritasi pada tenggorokan atau saluran pernapasan. Contoh yang dapat menyebabkan batuk anak antara lain asap rokok, debu, jamur, polusi udara dan juga udara yang terlalu kering.

Batuk Kering Merupakan Ciri Ciri Penyakit Apa?

Batuk kering bagaikana dua sisi mata uang. Batuk kering bisa menjadi cara alami tubuh untuk membersihkan mikorba, kotoran di tenggorokan dan juga iritasi. Di sisi lain, betuk kering jugsa dapat menjadi petanda adanya gangguan kesehatan pada tubuh.

Berikut ini adalah gangguan kesehatan yang umumnya disertai dengan batuk kering:

  • Asma
  • Fibrosis Paru Idiopatik
  • Penyakit refluks gastroesofagus
  • Postnasal drip
  • Infkesi saluran pernapasan atas
  • Kanker paru-paru
Bagaimana Cara Mengatasi Batuk Kering Pada Anak?

Saat anak mengalami batuk kering, tentu akan sangat menganggu. Meskipun, batuk kering bisa sembuh sendiri, meskipun dalam jangka waktu yang lama. Lantas bagaimana cara mengatasi batuk kering pada anak?

Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi batuk kering pada anak. Di antaranya yaitu:

Cukupi Kebutuhan Cairan

Ketika anak mengalami batuk pilek, biasanya akan mengalami peningkatan produksi lendir di bagian belakang hidung atau tenggorokan, di mana hal ini bisa memunculkan batu kering. Untuk itu, pastikan kebutuhan cairan si kecil terpenuhi. Hal ini karena dapat membantu mengurangi penumpukan lendir.

Mandi Uap/ Mandi Air Hangat

Cara mengatasi batuk kering pada anak selanjutnya ialah dengan mandi air hangat. Mandi air hangat dapat membantu meredakan gejala batuk kering pada anak. Selain mandi air hangat, orang tua juga bisa membuat ruang uap.

Caranya tutup pintu kamar mandi dan nyalakan air panas di kamar mandi selama beberapa menit, hingga ruangan terdapat cukup uap. Biarkan anak menghirup uap air hangat. Uap air hangat dipercaya bisa membantu melegakan pernapasa.

Konsumsi Buah-Buahan

Memberikan buah-buahan segar merupakan salah satu cara mengatasi batuk kering pada anak. Buah segar dapat membantu proses penyembuhan. Utamakan buah-buahan yang kaya akan vitamin C.

Vitamin C dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sel darah putih. Vitamin C juga berfungsi untuk antioksidan dan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Madu dan Lemon

Cara meredakan batuk kering pada anak lainnya adalah dengan memberikan satu sendok madu dengan beberapa tetesan lemon sebelum tidur.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.