Ramalan Shio Tikus di Tahun Macan Air 2022

Shio adalah salah satu budaya atau tradisi yang telah dipercaya turun-temurun oleh masyarakat Cina. Sudah berabad-abad lamanya shio menuntun mereka dalam kehidupan. Mulai dari hal-hal kecil hingga yang besar, dari langkah-langkah kecil hingga langkah-langkah besar dalam kehidupan, masyarakat Cina begitu kuat berpedoman pada shio.

Shio dipercaya dapat mengungkapkan berbagai rahasia kehidupan, seperti sifat dan karakter, kesehatan, karier, rezeki, dan jodoh seseorang. Bahkan, shio dianggap mampu memprediksi apa yang seharusnya dilakukan atau tidak dilakukan oleh seseorang demi tercapainya kesuksesan.

Shio itu sendiri adalah simbol binatang yang mewakili tahun-tahun pada kalender Cina. Ada dua belas binatang dalam shio, yaitu, Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing dan Babi.

Kedua belas simbol binatang ini terus berputar membentuk siklus 12 tahunan, karena itu setiap 12 tahun sekali, di tahun yang ke 13, simbol binatang yang sama akan muncul kembali. Semua orang yang lahir jika menurut kalender Cina, maka setiap orang memiliki shio. Shio didapat dari tahun lahir orang tersebut.

Adapun kalender Cina, ia dibuat berdasarkan siklus dari bulan, dan dibangun dalam format berbeda dari kalender barat (kalender masehi) yang berbasiskan matahari. Dalam kalender Cina, awal tahun dimulai pada akhir Januari sampai awal Feberuari.

Membaca arti sebuah shio, mungkin Anda akan bertanya-tanya, “Di dunia ini ada jutaan orang yang lahir di tahun yang sama yang berarti mereka semua memiliki shio yang sama pula, lalu apakah mungkin jutaan orang tersebut memiliki sifat yang sama?”

Jika memahami sekilas tentang shio, keraguan itu sangat nyata. Namun, shio sebenarnya lebih rumit daripada dua belas lambang binatang. Ramalan shio tidak hanya ditetapkan hanya berdasarkan tahun berapa Anda lahir, tapi juga berdasarkan hal-hal seperti; kekuatan apa yang mengontrol (Yin atau Yang), elemen apa yang memengaruhi (logam, air, kayu, api, tanah) dan jam berapa Anda dilahirkan (dikenal dengan Shio harian). Dari semua hal itu, ramalan yang muncul akan lebih detail dan spesifik.

Legenda Shio

Hingga sekarang, tidak diketahui pasti dari mana awal munculnya shio ini. Tidak ada yang tahu dengan tepat, kenapa hanya ada 12 binatang yang mewakili tahun kalender Cina. Juga, tidak ada yang tahu kenapa binatang-binatang itu yang ditunjuk.

Ada berabagai cerita maupun legenda yang beredar di masyarakat Cina mengenai asal-usul penggunaan 12 binatang dalam shio. Berikut ini adalah salah satu cerita legenda yang terkenal.

Konon, pada zaman dahulu kala di Cina, masyarakat saat itu tidak mengetahui bagaimana caranya menghitung tahun, bulan, hari dan waktu. Oleh sebab itu, masyarakat kemudian memohon dan berdoa kepada kaisar langit untuk mengajarkan cara perhitungan tersebut.

Kaisar kemudian berpikir bahwa binatang dan manusia mempunyai hubungan yang sangat dekat. Jika menggunakan nama binatang sebagai nama tahun, maka manusia akan mudah mengingatnya.

Tapi, di bumi terdapat banyak sekali jenis binatang, bagaimana cara memilihnya?

Kaisar langit akhirnya memutuskan untuk menyelenggarakan perlombaan penyeberangan sungai pada hari ulang tahunnya. 12 binatang yang berhasil menyeberang dan mencapai titik akhir perlombaan lebih dulu akan ditetapkan sebagai panggilan nama tahun.

Setelah pengumuman tersebut diumumkan, semua binatang di muka bumi ini ingin memenangkan perlombaan agar nama mereka terdaftar sebagai lambang nama tahun. Pada waktu itu, kucing dan tikus adalah teman baik, mereka sering makan dan tidur bersama. 

Tikus mengatakan kepada kucing bahwa ia ingin memenangkan perlombaan ini agar namanya dapat dijadikan lambang tahun, tetapi kesempatan untuk menang akan sangat kecil karena badannya yang kecil dan juga kemampuan berenengnya yang kurang baik.

Kucing kemudian berkata, “Karena badan kita kecil, kemampuan lari pun tidak cepat, oleh karena itu, kita harus bangun tidur lebih cepat. Kerbau bisanya bangun lebih pagi, kita minta kerbau untuk membangunkan kita pada hari perlombaan tersebut.”

Tikus sangat senang mendengarkan nasihat dari kucing. Pada hari perlombaan, sebelum matahari terbit, kerbau pun menepati janjinya dengan membangunkan tikus dan kucing. Kerbau juga berbaik hati memperbolehkan tikus dan kucing membonceng di atas badannya.

Sesampainya di pertengahan sungai, tikus yang merupakan binatang penuh perhitungan, kemudian mendorong kucing hingga jatuh ke sungai. Karena kerbau hanya fokus pada pertandingan, kerbau pun tidak merasakan bahwa kucing telah jatuh ke sungai.

Pada saat hampir mendekati titik akhir perlombaan, tikus yang cerdik lagi-lagi melakukan tindakan, ia segera meloncat dari badan kerbau dan dengan sekuat tenaganya berlari menuju titik akhir perlombaan. Tikus akhirnya berhasil menjadi yang pertama tiba di titik akhir perlombaan. Sesaat kemudian kerbau mendapatkan urutan kedua. Setelah itu berturut-turut muncul macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing dan terakhir babi.

Kaisara langit kemudian mengumumkan para pemenang perlombaan beserta dengan urutannya. Pada saat itu tiba-tiba kucing muncul dengan badan yang basah dan bertanya kepada kaisar langit, “Saya dapat urutan berapa?” Kaisar langit kemudian menjawab, “Anda datang terlambat, perlombaan telah selesai.”

Mendengar jawaban tersebut, kucing sangat marah dan berkata, “Ini gara-gara tikus, saya akan memakannya...” Cakar kucing hampir saja melukai tikus, kaisar langit dengan cepat mencegah tindakan kucing. Dengan hati yang takut dan bersalah, tikus kemudian meloncat ke samping kaisar langit untuk meminta perlindungan. Sejak saat itu, tikus pun menjadi musuh nomor satu kucing.

Yin dan Yang

Yin dan Yang adalah dua kekuatan yang mengontrol alam semesta ini. Yin dan Yang bisanya dipakai untuk mendeskripsikan sifat yang saling berhubungan, berlawanan dan saling mengisi satu sama lain. Yin lebih dideskripsikan kepada sisi hitam dan Yang adalah sisi putih, sebuah sisi warna yang berlawanan. Titik kecil hitam dan putih yang berada pada Yin dan Yang menggambarkan sisi yang saling mengisi satu dan lainnya.

Yin dan Yang sering juga digambarkan sebagai sinar matahari yang berada di atas gunung dan lembah. Yin digambarkan sebagai sebuah daerah gelap yang merupakan bayangan dari gunung, sementara Yang digambarkan sebagai bagian yang tidak terhalang oleh gunung. Saat matahari bergerak, Yin dan Yang secara bertahap bertukar tempat satu sama lain, mengungkapkan apa yang tidak jelas dan menyembunyikan yang sudah terungkap.

Yin lebih bersifat pasif, tenang, surga, bulan, air dan perempuan, simbol untuk kematian. Yang lebih bersifat aktif, bergerak, bumi, matahari, api, dan laki-laki, simbol untuk hidup. Yin berhubungan dengan air, bumi, bulan, feminitas dan malam hari. Yang berhubungan erat dengan api, langit, matahari, maskulinitas dan siang hari.

Dalam bentuk lingkaran, dua kekuatan Yin dan Yang menyeimbangkan energi dan menjaga semua serasi. Tidak ada kekuatan yang lebih kuat atau lebih lemah daripada yang lainnya. Saat yang satu berada pada paling kuat, yang lainnya berada paling rendah. Bersama-sama, Yin dan Yang menjadi utuh dan menjaga alam semesta tetap selaras.

Yin dan Yang menjadi dasar dari filosofi Cina, masyarakatnya, maupun ilmu pengobatannya. Pengobatan Cina menggunakan Yin dan Yang untuk mendiagnosa dan mengobati penyakit.

Lima Elemen Dasar

Selain Yin dan Yang , masyarakat Cina memercayai adanya lima elemen dasar yang mengatur hidup manusia. Perhitungan Shio juga dipengaruhi oleh lima elemen dasar ini. Kelima elemen dasar itu adalah logam, air, kayu, api dan tanah.

Dalam astrologi Cina, pada siklus lengkap enam tahunan, tiap lambang shio dipadukan dengan lima elemen dasar tersebut. Untuk mendapatkan shio dengan elemen yang sama dibutuhkan waktu hingga 60 tahun. Sebagai contoh, tahun 1990 adalah tahun Shio Tikus dengan elemen logam. Untuk bertemu dengan tahun shio tikus dengan elemen yang sama, yaitu logam, Anda harus menunggu 60 tahun kemudian, yaitu pada tahun 1960.

Berikut pengaruh masing-masing elemen terhadap sifat dan karakter seseorang.

  1. Logam — Unsur logam melambangkan sifat kaku dan keras. Orang-orang yang berada dalam unsur ini dituntun oleh perasaan yang kuat. Mereka cakap dan tajam dalam berkomunikasi, punya rasa ingin tahu yang besar, agrefis, dan percaya diri.
  2. Air — Air mengesankan kepribadian yang fleksibel dan mampu beradaptasi pada keadaan sekitar serta mampu bertahan dalam berbagai cobaan hidup, terutama menyangkut keuangan dan profesi, hanya kurang memiliki prinsip dan agak oportunis.
  3. Kayu — Kayu melambangkan kebajikan, keuletan, dan kreativitas.
  4. Api — Api memengaruhi ciri khas layaknya api; berani, ambisius, pemarah dan terkadang kejam, biasanya cerah dan cerdas.
  5. Tanah — Tanaha melambangkan stabilitas dalam temperamen dan sifat, tampak pendiam, tenang, berhati-hati, sekalipun kadang sedikit santai.

Cara Menentukan Shio Anda

Untuk mengetahui shio, caranya cukup mudah. Yang Anda perlukan hanyalah mengetahui tanggal, bulan dan tahun kelahiran Anda. Selanjutnya;

  1. Carilah tahun kelahiran Anda pada tabel Kalender Shio
  2. Perhatikan tanggal dan bulan kelahiran Anda. Pastikan tanggal dan bulan berada di tahun yang benar. Misalnya, jika Anda lahir pada 26 Februari 1903, berarti Anda pemilik shio macan. Namun, bila Anda lahir pada 29 Februari 1903, Anda bukan pemilik Shio Macan lagi, melainkan pemilik Shio Kelinci.
  3. Selanjutnya lihat kolom elemen untuk melihat elemen apa yang memengaruhi shio Anda, apakah logam, air, kayu, api atau tanah. 
  4. Lihat Kolom kekuatan untuk mengetahui termasuk kekuatan apa shio Anda, apakah Yin atau Yang.
  5. Setelah Anda berhasil mengetahui shio Anda, sekaligus elemen dan kekuatan shionya, Anda bisa melanjutkan membaca uraian tentangnya.
  6. Jika Anda mengetahui jam berapa Anda dilahirkan, dalam setiap bab Shio Anda dapat menemukan penjelasan tentang peruntungan shio yang dipengaruhi shio harian.

Shio Tikus

Tahun 1924–1983 Elemen
terkait
Lambang
hewan
Tahun 1984–2043
Feb 05 1924–Jan 23 1925 Yang Kayu Tikus Feb 02 1984–Feb 19 1985
Jan 24 1925–Feb 12 1926 Yin Kayu Kerbau Feb 20 1985–Feb 08 1986
Feb 13 1926–Feb 01 1927 Yang Api Macan Feb 09 1986–Jan 28 1987
Feb 02 1927–Jan 22 1928 Yin Api Kelinci Jan 29 1987–Feb 16 1988
Jan 23 1928–Feb 09 1929 Yang Bumi Naga Feb 17 1988–Feb 05 1989
Feb 10 1929–Jan 29 1930 Yin Bumi Ular Feb 06 1989–Jan 26 1990
Jan 30 1930–Feb 16 1931 Yang Logam Kuda Jan 27 1990–Feb 14 1991
Feb 17 1931–Feb 05 1932 Yin Logam Kambing Feb 15 1991–Feb 03 1992
Feb 06 1932–Jan 25 1933 Yang Air Monyet Feb 04 1992–Jan 22 1993
Jan 26 1933–Feb 13 1934 Yin Air Ayam Jan 23 1993– Feb 09 1994
Feb 14 1934–Feb 03 1935 Yang Kayu Anjing Feb 10 1994–Jan 30 1995
Feb 04 1935–Jan 23 1936 Yin Kayu Babi Jan 31 1995–Feb 18 1996
Jan 24 1936–Feb 10 1937 Yang Api Tikus Feb 19 1996–Feb 06 1997
Feb 11 1937–Jan 30 1938 Yin Api Kerbau Feb 07 1997–Jan 27 1998
Jan 31 1938–Feb 18 1939 Yang Bumi Macan Jan 28 1998–Feb 15 1999
Feb 19 1939–Feb 07 1940 Yin Bumi Kelinci Feb 16 1999–Feb 04 2000
Feb 08 1940–Jan 26 1941 Yang Logam Naga Feb 05 2000–Jan 23 2001
Jan 27 1941–Feb 14 1942 Yin Logam Ular Jan 24 2001–Feb 11 2002
Feb 15 1942–Feb 04 1943 Yang Air Kuda Feb 12 2002–Jan 31 2003
Feb 05 1943–Jan 24 1944 Yin Air Kambing Feb 01 2003–Jan 21 2004
Jan 25 1944–Feb 12 1945 Yang Kayu Monyet Jan 22 2004–Feb 08 2005
Feb 13 1945–Feb 01 1946 Yin Kayu Ayam Feb 09 2005–Jan 28 2006
Feb 02 1946–Jan 21 1947 Yang Api Anjing Jan 29 2006–Feb 17 2007
Jan 22 1947–Feb 09 1948 Yin Api Babi Feb 18 2007–Feb 06 2008
Feb 10 1948–Jan 28 1949 Yang Bumi Tikus Feb 07 2008–Jan 25 2009
Jan 29 1949–Feb 16 1950 Yin Bumi Kerbau Jan 26 2009–Feb 13 2010
Feb 17 1950–Feb 05 1951 Yang Logam Macan Feb 14 2010–Feb 02 2011
Feb 06 1951–Jan 26 1952 Yin Logam Kelinci Feb 03 2011–Jan 22 2012
Jan 27 1952–Feb 13 1953 Yang Air Naga Jan 23 2012–Feb 09 2013
Feb 14 1953–Feb 02 1954 Yin Air Ular Feb 10 2013–Jan 30 2014
Feb 03 1954–Jan 23 1955 Yang Kayu Kuda Jan 31 2014–Feb 18 2015
Jan 24 1955–Feb 11 1956 Yin Kayu Kambing Feb 19 2015–Feb 07 2016
Feb 12 1956–Jan 30 1957 Yang Api Monyet Feb 08 2016–Jan 27 2017
Jan 31 1957–Feb 17 1958 Yin Api Ayam Jan 28 2017–Feb 15 2018
Feb 18 1958–Feb 07 1959 Yang Bumi Anjing Feb 16 2018–Feb 04 2019
Feb 08 1959–Jan 27 1960 Yin Bumi Babi Feb 05 2019–Jan 24 2020
Jan 28 1960–Feb 14 1961 Yang Logam Tikus Jan 25 2020–Feb. 11 2021
Feb 15 1961–Feb 04 1962 Yin Logam Kerbau Feb 12 2021–Jan 31 2022
Feb 05 1962–Jan 24 1963 Yang Air Macan Feb 01 2022–Jan 21 2023
Jan 25 1963–Feb 12 1964 Yin Air Kelinci Jan 22 2023–Feb 09 2024
Feb 13 1964–Feb 01 1965 Yang Kayu Naga Feb 10 2024–Jan 28 2025
Feb 02 1965–Jan 20 1966 Yin Kayu Ular Jan 29 2025–Feb 16 2026
Jan 21 1966–Feb 08 1967 Yang Api Kuda Feb 17 2026–Feb 05 2027
Feb 09 1967–Jan 29 1968 Yin Api Kambing Feb 06 2027–Jan 25 2028
Jan 30 1968–Feb 16 1969 Yang Bumi Monyet Jan 26 2028–Feb 12 2029
Feb 17 1969–Feb 05 1970 Yin Bumi Ayam Feb 13 2029–Feb 02 2030
Feb 06 1970–Jan 26 1971 Yang Logam Anjing Feb 03 2030–Jan 22 2031
Jan 27 1971–Feb 14 1972 Yin Logam Babi Jan 23 2031–Feb 10 2032
Feb 15 1972–Feb 02 1973 Yang Air Tikus Feb 11 2032–Jan 30 2033
Feb 03 1973–Jan 22 1974 Yin Air Kerbau Jan 31 2033–Feb 18 2034
Jan 23 1974–Feb 10 1975 Yang Kayu Macan Feb 19 2034–Feb 07 2035
Feb 11 1975–Jan 30 1976 Yin Kayu Kelinci Feb 08 2035–Jan 27 2036
Jan 31 1976–Feb 17 1977 Yang Api Naga Jan 28 2036–Feb 14 2037
Feb 18 1977–Feb 06 1978 Yin Api Ular Feb 15 2037–Feb 03 2038
Feb 07 1978–Jan 27 1979 Yang Bumi Kuda Feb 04 2038–Jan 23 2039
Jan 28 1979–Feb 15 1980 Yin Bumi Kambing Jan 24 2039–Feb 11 2040
Feb 16 1980–Feb 04 1981 Yang Logam Monyet Feb 12 2040–Jan 31 2041
Feb 05 1981–Jan 24 1982 Yin Logam Ayam Feb 01 2041–Jan 21 2042
Jan 25 1982–Feb 12 1983 Yang Air Anjing Jan 22 2042–Feb 09 2043
Feb 13 1983–Feb 01 1984 Yin Air Babi Feb 10 2043–Jan 29 2044

Dibenak sebagian besar orang, binatang tikus dianggap sebagai binatang yang sangat menjengkelkan. Maklum saja, binatang pengerat ini memang kerap menjadi hama. Tidak hanya itu, tikus juga menjadi salah satu binatang yang sangat menganggu di rumah. Suaranya yang berisik saat berlarian di atap-atap rumah, sering mencuri makanan, hingga kotorannya yang berserakan diberbagai tempat, membuat tikus menjadi target utama untuk dibasmi.

Namun, semua cap negatif yang disematkan kepada tikus itu sangat berkebalikan dengan posisinya dalam astrologi Cina. Tikus adalah shio pertama dari keduabelas shio. Sebagai yang pertama, tikus dalam pandangan astrologi Cina dianggap sebagai shio utama.

Sifat dan Karakter Shio Tikus

Salah satu hal yang paling menonjol dari shio tikus adalah kecerdikannya. Sebagaimana legenda terpilihnya 12 shio, tikus tampil sebagai binatang yang memiliki kecerdikan tinggi. Dengan kecerdikannya itu, tikus terbukti berhasil menjadi nomor satu dalam perlombaan.

Begitu juga dengan orang yang memiliki Shio Tikus, ia memiliki karakter yang sama. Mereka umumnya adalah orang-orang yang cerdik. Tikus selalu memiliki jalan keluar dari masalah apapun. Orang-orang Shio Tikus dapat bertahan dalam segala macam situasi.

Krisis dan kekalahan tidak dapat dengan mudah menjatuhkan mereka, dan tidak ada tantangan yang tidak dapat mereka hadapi.

Shio Tikus yang cerdik selalu sanggup menemukan pekerjaan produktif. Mereka tahu bagaimana mempergunakan waktu dengan sangat efisien, oleh karenanya mereka bisa menghasilkan lebih banyak dalam waktu 24 jam daripada yang dihasilkan orang lain selama beberapa hari. 

Shio Tikus memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar, pandai mengamati, jeli pada hal-hal yang sepele, dan memiliki daya ingat yang sangat baik. Bukan hanya itu, Shio Tikus juga memiliki bakat sukses dalam mengelola bidang apapun karena sangat fleksibel dan cepat menyesuaikan diri dengan segala macam situasi.

Hal lain yang juga menonjol dari shio tikus adalah ambisinya. Orang-orang Shio Tikus terlahir sangat ambisius. Mereka paling tidak bisa mencium bau uang atau peluang yang menguntungkan. Shio tikus tidak suka diam dan hanya duduk-duduk saja tanpa berbuat apa-apa.

Shio tikus akan selalu terlihat sibuk dan jarang bersantai. Bahkan, jika pun orang shio tikus sedang bersantai, otaknya akan tetap sibuk memikirkan berbagai hal. Shio Tikus juga suka memaksakan diri untuk mengerjakan banyak hal sekaligus apabila berhubungan dengan uang. Bagi shio tikus, uang adalah gairah utamanya.

Di sisi lain, besarnya ambisi Shio Tikus terhadap uang dan keutungan seringkali mendatangkan masalah. Ambisinya untuk mengeruk keuntungan membuatnya terjebak dalam situasi yang tidak diinginkan. Meskipun Shio Tikus memiliki bakat bawaan untuk mengetahui adanya bahaya, keserakahan kadang kala mengalahkan akal sehat dan menyebabkannya jatuh dalam perangkap yang sama berkali-kali.

Shio tikus cenderung terjebak ke dalam ketamakannya sendiri, bahkan sampai jatuh bangkrut. Namun, ketika bangkrut, Shio Tikus selalu menemukan rezeki lainnya yang tersembunyi di suatu tempat.

Selain dua sifat dan karakter di atas, Shio Tikus juga memiliki sifat dan karakter-karakter yang lain. Di antaranya adalah penuh kasih sayang, pandai bergaul, tidak aman (gelisah), optimis, jujur, dan kikir.

Orang-orang shio tikus pada dasarnya penuh kasih sayang, khususnya kepada keluarga atau orang-orang terdekatnya. Kemampuannya menyayangi keluarga terdekat sebanding dengan kelihaian dan kecintaanya pada uang. Mereka sangat tulus dan setia menyayangi teman-teman, anak buah, kerabat dan terutama pasangannya. Meskipun dikenal sangat hemat cenderung kikir, orang-orang tikus akan sangat bermurah hati dan royal pada orang-orang yang mereka sayangi.

Orang-orang yang memiliki Shio Tikus pandai bergaul. Mereka bisa dengan mudah mendapatkan teman karena memiliki selera humor yang bagus, sangat ekspresif dan senang berbicara. Mereka menyukai perkumpulan besar dan klub-klub eksklusif di mana mereka dapat memperluas kesempatan dengan relasi mereka.

Shio Tikus Berdasarkan Lima Elemen

Berdasarkan elemennya, Shio Tikus dibedakan menjadi Shio Tikus Logam, Shio Tikus Air, Shio Tikus Kayu, Shio Tikus Api, Shio Tikus Tanah. Tiap-Tiap Elemen memberikan pengaruh yang berbeda terhadap sifat dan karakter Shio Tikus. Adapun elemen alamiah Shio Tikus adalah air.

Tikus Logam — ideal dan emosional, ini adalah sifat dan karakter Shio Tikus Logam. Orang-orang tikus logam terkenal piawai menutupi perasaan mereka. Meskipun sedang marah atau cemburu, mereka bisa terlihat gembira dan simpatik.

Ia mencintai uang, tetapi tidak segan-segan untuk mengeluarkan uang demi sesuatu yang dianggap lebih bernilai. Tikus logam terhitung cukup hangat dan moralis. Ia suka sandiwara, drama, ataupun pertunjukan klasik.

Shio Tikus Logam senang dengan beragam jenis olah raga. Salah satu kekurangan Shio Tikus Logam yang paling menonjol adalah kekauan mereka. Ini adalah pengaruh dari elemen logam. Orang-orang tikus logam cenderung terlalu kaku dalam menerima ide-ide orang lain.

Tikus Air — Tikus air menyenangi proses berpikir dan kegiatan batin. Oleh karenanya, orang-orang tikus air umumnya berwawasan luas, pandangannya hebat, menyenangi ilmu pengetahuan, dan pandai mengutarakan pendapat. Orentasi hidup tikus air adalah mencari ilmu dan terus belajar.

Tikus air cenderung pandai bergaul. Ini karena orang-orang tikus air penuh pengertian, suka membantu, dan bisa dengan cepat menyesuaikan diri di tengah-tengah masyarakat. Mereka juga piawai ‘membaca’ apa yang disukai atau tidak disukai orang lain.

Tikus Kayu — Tikus kayu memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar dan berpandangan jauh ke depan. Dengan kemampuannya itu, tikus kayu biasanya sangup memanfaatkan segala potensi di depannya, mengerti apa yang diinginkan dan cara mewujudkannya. Ia juga sangat mudah menyesuaikan diri dengan berbagai situasi. 

Meskipun begitu, tikus kayu sering merasa gelisah karena memikirkan masa depannya. Sisi negatif tikus kayu adalah sifat egoisnya. Tikus kayu cenderung egoistis, tidak peduli dengan kepentingan orang.

Tikus Api — di antara Shio Tikus lainnya, tikus api terlihat lebih dinamis dan energik, lebih dermawan, dan agresif. Tikus api bisa sangat aktif dalam berbagai macam kegiatan. Sifatnya terbuka, cenderung terlalu blak-blakan, namun kurang bisa berdiplomasi.

Tikus Api juga kurang disiplin, dan suka menuruti kata hatinya. Tikus api selalu mandiri dan tidak pernah takut berkompetisi. Namun, ia sering merasa tidak puas dan kurang sabar dengan hasil yang sedang-sedang saja. Akibatnya, kehidupan tikus api sering berubah secara dramatis.

Tikus Tanah — Tikus Tanah menyukai keteraturan, disiplin, dan rasa aman. Oleh karenanya, tikus tanah adalah orang yang realistis, tidak menyukai hal yang terlalu muluk. Tikus tanah berpegang teguh pada aturan dan pelaksanaan yang sudah disetujui bersama.

Tikus Tanah juga mengharapkan orang lain untuk mengikuti aturan tersebut. Kesukaannya terhadap rasa aman membuat tikus tanah umumnya bekerja di satu tempat dalam waktu yang lama. Ia juga sangat melindungi orang-orang yang disayanginya. 

Tikus tanah bisa bekerja secara cermat dan efisien, sehingga sering kali ia mampu merengkuh ‘dua pulau’ hanya dengan ‘sekali dayung’ saja. Sisi negatif dari tikus tanah, ia terlalu ingin cepat sukses, merasa benar sendiri, kurang memiliki rasa toleransi pada orang lain, dan bisa sangat kikir.

Pengaruh Shio Harian Terhadap Shio Tikus

Shio Tikus yang lahir pada malam hari akan mengalami kehidupan yang lebih tenang daripada Shio Tikus yang lahir pada siang hari. Berikut peruntungan Shio Tikus berdasarkan jam kelahirannya.

Lahir pada jam 23.00-01.00 (Jam Tikus) — Shio Tikus yang lahir pada pukul 23.00-01.00 memiliki peruntungan yang bagus. Jika diumpamakan pohon, maka ia seolah-olah tumbuh pada tanah yang baik dan mendapat air yang cukup serta udara yang segar. Sehingga, ia dengan mudah berbunga, mekar dan kemudian berbuah. Jika bergerak di bidang perdagangan, maka kemungkinan besar ia akan memperoleh keuntungan dan sukses.

Lahir pada jam 01.00-03.00 (Jam Kerbau) — Shio Tikus yang lahir antara pukul 01.00-03.00 memiliki prinsip pelan tapi pasti. Ia juga lebih waspada dan mampu mengekang naluri spekulasinya. Peruntungannya pun sangat bagus. Jika berdagang, kemungkinan besar ia akan mendapat laba yang besar.

Lahir pada jam 03.00-05.00 (Jam Macan) — Shio tikus yang lahir antara pukul 03.00-05.00 memiliki peruntungan baik lelaku maupun perempuan selalu cukup sandang dan pangannya sehingga tenang tenteramlah hidupnya.

Lahir pada jam 05.00-07.00 (Jam Kelinci) — Shio Tikus yang lahir pukul 05.00-07.00 terkesan lebih jinak dan lembut, tetapi memiliki perhitungan yang matang dan cerdik. Dalam hal rezeki, hidupnya mungkin akan banyak menemui rintangan.

Lahir pada jam 07.00-09.00 (Jam Naga) — Shio Tikus yang lahir pukul 05.00-07.00 memiliki bakat dan cenderung berhasil dalam urusan bisnis.

Lahir pada jam 09.00-11.00 (Jam Ular) — Shio Tikus yang lahir pukul 09.00-11.00 memiliki peruntungan yang kurang baik, badannya kurang kuat, sehingga mudah terserang penyakit.

Lahir pada jam 11.00-13.00 (Jam Macan) — Shio Tikus yang lahir antara pukul 11.00-13.00 memiliki sifat pemberani, penuh gaya (stylist), dan tidak segan-segan mengambil risiko. Shio Tikus yang lahir pada jam ini memiliki dua kemungkinan, yaitu sangat sukses dalam bisnis atau bangkrut.

Lahir pada jam 13.00-15.00 (Jam Macan) — Shio Tikus yang lahir antara pukul 13.00-15.00 tidak dianjurkan menggantungkan hidupnya dengan berdagang, sebab berdagang bukanlah rezekinya. Ia akan lebih berhasil jika bekerja pada orang lain, sebab dengan bekerja pada orang lain ia tidak menanggung risiko. Bahkan, karena ketelitian dan kehematannya, ia akan dapat menjadi orang terpercaya.

Lahir pada jam 15.00-17.00 (Jam Monyet) — Shio Tikus yang lahir antara pukul 15.00-17.00 jika tidak waspada maka sekalipun ia memperoleh peninggalan harta yang berlimpah, akhirnya akan ludes juga.

Lahir pada jam 17.00-19.00 (Jam Ayam) — Shio Tikus yang lahir antara pukul 17.00-19.00 terlihat sangat cerdas dan terampil, tetapi suka berpuas diri. Ia juga jago mencari dan menyimpan uang. Hanya saja, ia memiliki hobi belanja yang berlebihan. Oleh karenanya, orang shio tikus yang lahir antara jam ini harus menjauhkan diri dari keinginan untuk hidup bermewah-mewah dan berspekulasi mencari untung. Ia harus hidup sederhana dan selalu bertindak jujur sehingga dipercaya orang.

Lahir pada jam 19.00-21.00 (Jam Anjing) — Shio Tikus yang lahir antara pukul 19.00-21.00 tidak terlalu memedulikan masalah uang. Ia selalu berpikir objektif sehingga cocok menjadi penulis atau wartawan.

Lahir pada jam 21.00-23.00 (Jam Babi) — Shio Tikus yang lahir antara pukul 21.00-23.00 ini harus sanggup menderita. Karena banyaknya rintangan yang ditemuinya, maka kalau ia berhasil mengatasinya, kemungkinan kelak ia bisa menikmati hari tuanya dengan kebanggan. Shio Tikus ini dianugerahi kesehatan yang baik.

Pria Shio Tikus

Di dalam karakter film kartun Disney, Mickey Mouse digambarkan cerdik, punya banyak bakat dan pandai bergaul. Ya seperti itulah pria bershio tikus. Sama seperti Mickey Mouse, pria tikus agak sedikit pelit, tidak disiplin dan tidak fokus. Hal yang menonjol dari pria bershio tikus ini yaitu daya imajinasinya yang tinggi digabungkan dengan kecerdikan dan bakatnya, maka sang tikus akan menjadi kesayangan banyak orang.

Pria tikus adalah pria yang memiliki kepribadian yang sangat memikat. Pria tikus adalah pria yang anggun, jenaka dan pandai bicara. Dengan kecerdasannya, pria tikus seolah-olah selalu memiliki jawaban atas berbagai hal.

Pria tikus biasanya senang menikmati kesenangan dengan berkumpul dengan teman-temannya atau menghadiri pesta tertentu. Disatu sisi, pria shio tikus sering terlihat berpikiran sempit, tidak mau menerima perkembangan dan terkesan kuno. Mereka punya aturan ketat akan hidup mereka, agak sulit bekerja sama dengan mereka karena seringkali keras kepala, kolot dan perfeksionos. Tetapi, di luar semua itu, pria bershio tikus adalah orang jujur dan dapat menyelesaikan banyak masalah tanpa menganggu orang lain.

Wanita Shio Tikus

Seperti halnya pria tikus, wanita tikus juga seorang yang cerdas dan kreatif. Wanita tikus juga trlihat penuh semangat dan dinamis, senang berdandan, dan menyukai kebersihan dan kerapian.

Wanita tikus umumnya menyukai kesenangan dan mendambakan rasa aman. Wanita tikus menjalani hubungan pergaulan mereka dengan serius, dan perkwainan tidak pernah jauh dari pikiran saat berkencan dengan seorang pria. Wanita tikus tidak biasa bersikap genit, walaupun ia kadang bersifat malu-malu dalam hubungan cintanya.

Sisi negatif dari wanita tikus adalah kegemarannya bergosip. Wanita tikus sangat tidak bisa dipercaya memegang rahasia. Namun ajaibnya, ia sangat pandai menyimpan rahasianya sendiri. Sangat sulit menebak isi pikiran seorang wanita tikus.

Shio Tikus dalam Karier

Orang-orang dengan shio tikus cocok dengan pekerjaan yang aktif dan banyak bergerak, artinya yang butuh upaya lebih serta mengambil kesempatan untuk mendapatkan imbalannya. Karakter shio tikus yang menyukai tantangan, cermat, ambisius dan pandai melihat peluang juga sangat cocok untuk bekerja dibanding jual beli.

Kebalikannya, shio ini disarankan untuk menghindari pekerjaan yang mengekang dan penuh rutinitas. Penting juga untuk menghindari pekerjaan yang banyak pertaruhan di dalamnya.

Merujuk pada sifat dan karakter yang dimilikinya, shio tikus perlu mempertimbangkan profesi berikut ini, yaitu, sales, penulis, kritikus, penerbit, pemusik, pelukis, akuntan, agen wisata, manajer, konselor dan penyiar.


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.