Pantai Jogan Kabupaten Gunungkidul Peraduan Eksotik Air Terjun dan Laut di Selatan Yogyakarta

BERITANEKEBUMEN.BLOGSPOT.COM - Di antara deretan pantai di Gunungkidul, Pantai Jogan menempati posisi yang istimewa. Pasalnya, di pantai ini terdapat air terjun setinggi 10 Meter dengan sumber air yang berasal dari perbukitan karst di sebelah utara pantai.

Sayangnya, Pantai Jogan ini belum banyak diketahui oleh wisatawan. Padahal, pantai ini menawarkan keindahan alam yang masih alami dan eksotis.

Lokasi Pantai Jogan tepat di sebelah Barat Pantai Siung dan berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta menuju lokasi Pantai Jogan membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 70 Kilometer.

Meskipun lokasi Pantai Jogan ini tidak begitu jauh dari Kota Jogja, tapi ketika berkunjung ke pantai ini Anda harus berhati-hati. Sebab, akses jalan ke Pantai Jogan ini sama dengan akses jalan menuju pantai-pantai di Gunungkidul lainnya.

Untuk menuju Pantai Jogan, Anda akan menemui jalan naik turun, dan sesekali Anda akan melewati kelokan tajam yang di sampingnya terdapat jurang, serta jalanan yang masih sangat sepi.

Baca Juga : Pantai Indrayanti Yogyakarta : Lokasi, Rute dan Harga Tiket

Meski demikian, jalan sudah beraspal, bahkan ketika memasuki kawasan pantai jalan sudah sangat baik. Jalan berupa cor blok yang bisa dilalui baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Namun, meski jalan menuju Pantai Jogan ini cukup ekstrem, suasana alam sekitar yang mempesona akan membuat perjalanan Anda tak terasa.

Sepanjang perjalanan menuju Pantai Jogan Anda bisa menyaksikan keindahan alam yang masih alami. Bukit kapur yang berjejer rapi serta hijaunya area pesawahan penduduk akan memanjakan mata Anda.

Daya Tarik Pantai Jogan

Sebenarnya daya tarik Pantai Jogan Gunung Kidul ialah keindahan pantainya. Namun, tidak jarang wisatawan yang berkunjung ke tempat ini ingin menikmati keindahan air terjun yang letaknya memang tepat di bibir pantai.

Air terjun yang langsung mengalir ke bibir pantai memang jarang di temui di tempat-tempat wisata di Indonesia, khususnya di Jogja. Dan mungkin air terjun di Pantai Jogan ini adalah satu-satunya air terjun yang airnya langsung mengalir ke pantai.

Untuk bisa menikmati sensasi guyuran air terjun ini Anda harus turun ke bawah, melewati bebatuan yang agak basah dan licin. Anda juga harus melewati batu karang yang banyak dihuni bayi kepiting.

Meski sedikit exstrem, jangan khawatir, karena pengelola pantai sudah membuat rambatan yang terbuat dari kayu untuk pegangan atau menopang tubuh Anda.

Sayangnya Pantai Jogan Gunung Kidul ini memiliki kontur tebing yang curam serta ombak yang cukup besar, sehingga pantai ini tidak cocok untuk dijadikan sebagai sarana bermain pasir atau berjemur.

Tapi jangan khawatir, meski tidak bisa bermain pasir atau berjemur, masih ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di Pantai Jogan. Misalnya, mandi di bawah air terjun, foto selfie, atau melakukan relaksasi.

Baca Juga : Pantai Indrayanti Yogyakarta : Lokasi, Rute dan Harga Tiket

Pantai Jogan Gunung Kidul ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat relaksasi. Sebab, ombak-ombak besar yang membentur batuan karang, membentuk suara merdu, bak orkestra alam yang dimainkan oleh para maestro musik kelas dunia.

Bagi Anda pecinta foto selfie dan fotografi, Pantai Jogan Gunung Kidul merupakan tempat yang menyenangkan untuk berburu foto. Sebab, lanskap sekitar pantai merupakan salah satu yang terbaik di antara pantai-pantai yang ada di Gunungkidul.

Selain itu, dengan menjadikan panorama Pantai Jogan sebagai baground foto, maka foto Anda akan terlihat ciamik dan ngak malu-maluin jika di uploud di instagram.

Namun, satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan, ketika jalan-jalan ke Pantai Jogan, sebaiknya sediakan bekal secukupnya. Sebab, di pantai ini belum banyak penjual makanan atau oleh-oleh.

Akses Menuju Pantai Jogan

Akses menuju Pantai Jogan ini cukup mudah. Bahkan sepanjang perjalanan Anda bisa menikmati indahnya perbukitan karst di kanan dan kiri jalan.

Infrastruktur jalan menuju Pantai Jogan sudah cukup baik. Jalan beraspal, namun 1 Kilometer menuju pantai Anda harus melewati jalan cor blok yang dapat dilalui kendaraan roda 2 dan juga roda 4.

Untuk menuju Pantai Jogan, jalan yang ditempuh pada prinsipnya sama dengan jalan menuju pantai-pantai lain yang ada di Gunungkidul.

Baca Juga : Pantai Indrayanti Yogyakarta : Lokasi, Rute dan Harga Tiket

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi Anda bisa menggunakan jalur perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju Wonosari, dari Wonosari carilah jalan menuju Tepus – Purwodadi – Pantai Jogan.

Namun, jika Anda menggunakan kendaraan umum Anda bisa mulai dari Terminal Giwangan. Di Terminal Giwangan carilah bus jurusan Yogyakarta–Wonosari.

Ketika sampi di Wonosari ganti dengan angkutan dengan jalur Wonosari–Tepus. Dari terminal Tepus, untuk menuju Lokasi Wisata Pantai Jogan hanya bisa ditempuh menggunakan jasa ojek. Untuk lebih jelasnya perhatikan rute berikut ini:

Rute dari Solo ke Pantai Jogan

Praci –> Kecamatan Rongkop/Baran –> Nglindur –> Pertigaan sebelum Pasar Ngrancah belok kanan –> Pasar Jepitu –> pertigaan Winangun –> belok kiri arah Pantai Jogan –> Pos retribusi pantai Jogan, Nglambor, Siung –> ikuti jalan lalu belok kanan –> Pantai Jogan.

Rute dari Klaten ke Pantai Jogan

Semanu –> Giripanggung –> Sumberwungu –> Klayu –> Gude –> Blekonang –> Winangun Pantai Siung. Bisa juga dari Giripanggung –> Cuelo ke selatan –> Winangun/ nangun –> Pos retribusi masuk pantai Jogan, Nglambor, Siung –> ikuti jalan lalu belok kanan –> Pantai Jogan.

Rute dari Yogyakarta ke Pantai Jogan

Yogyakarta –> Piyungan –> Wonosari –> ke selatan arah Pantai Baron –> Pertigaan Desa Mulo –> kiri Jurusan Mentel –> Bintaos –> Tepus –> Pertigaan Winangun/Nangun belok kanan lurus –> ada pertigaan belok kanan menuju Pantai Jogan –> Pos retribusi masuk pantai Jogan, Nglambor, Siung –> ikuti jalan lalu belok kanan –> Pantai Jogan.